JOHN DEWEY
John Dewey |
John Dewey
lahir pada tanggal 20 oktober 1859 disebuah daerah pertanian dekat Burlington, Vermount.
Dia adalah anak seorang pemilik toko di desanya. Ia memperoleh pendidikan
pertamanya disekolah umum Burlington, kemudian melanjutkan ke universitas
Vermount, dan ketika masih menjadi seorang mahasiswa dia berteman baik dengan
Prof. H. A. P. Torrey yaitu orang yang membawa dan menguraikan semacam kelompok
realism yang diadopsi dari Skotlandia. Setelah keluar dari Vermount pada tahun
1875, tahun 1879 Dewey menerima diploma kandidat, kemudian dia mengajar selama
3 tahun. Berkat intruksi dari Torrey, ia memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya
pada universitas John Hopkins dengan desertasinya The Psikologi Of Kant. Ia
menyelesaikan program doktoral dalam bidang filsafat pada universitas tersebut
pada tahun 1884.
Mula-mula Dewey mengajar di Chicago kemudian di universitas Columbia New York
yang memiliki satu perguruan tinggi pendidikan guru yaitu teachers college. Di
universitas Chicago ia menjadi ketua jurusan filsafat, psikologi, dan
pedagogik, dan di universitas tersebut ia mendirikan sebuah sekolah percobaan
(laboratorium sekolah) untuk menguji dan mempraktekkan teorinya. Sekolah ini
diberi nama university elementaire school dan menjadi masyhur diseluruh dunia.
Pada tahun 1884 ia diangkat menjadi dosen lalu asisten profesor dan profesor di
universitas Michigan. Disini ia menjadi ketua jurusan filsafat sejak 1889
sampai 1894. Pada tahun 1889 ia diangkat menjadi profesor filsafat di
universitas Minesota. Ia mengajar di universitas Columbia pada tahun 1904
sampai 1931 untuk memberikan filsafat dan pedagogik kepada akademi guru.
Kemudian menikah dengan Alice Chipman pada tahun 1886.
Pada
tahun 1905 ia pindah ke Columbia university di New York dan memberikan kuliah
fisafat dan pendidikan di teacher’s college. Selama di universitas ini Dewey
giat dalam kegiatan-kegiatan organisasi. Dan dia tinggal di New York lebih dari
40 tahun sampai pensiun dari mengajar pada tahun 1930. Ia meninggal dunia pada
1 Juni tahun1952 (umur 92) di New York City, New York, Amerika Serikat.
Selama
hidupnya ia banyak menorehkan karya-karya yang terkenal di dunia diantaranya My
Pedagogic Creed (1897), School And Society (1899), How We Think (1910),
Democracy And Education (1916), The American Civil Liberties (1920),
Impressions Of Sovyet Russia And The Revolutionary Word Mexico-China-Turki (1929),
Experience And Education (1938) dan Education Today (1940). Sepanjang
kariernya, Dewey menghasilkan 40 buku dan lebih dari 700-an artikel.
John Dewey merupakan seorang filsuf dari Amerika Serikat, yang termasuk Mazhab
Pragmatisme. Selain sebagai filsuf, Dewey juga dikenal sebagai
kritikus sosial dan pemikir dalam bidang pendidikan. Ia diakui sebagai salah satu
pencetus sekolah filsafat Pragmatisme (bersama dengan Charles Sanders Peirce dan William James), pelopor dalam psikologi fungsional, dan
seorang pengembang gerakan pendidikan progresif di Amerika Serikat selama paruh
pertama abad 20.
Menurut
Dewey, tugas filsafat adalah memberikan pengarahan bagi perbuatan nyata dalam kehidupan.
Oleh karena itu, filsafat tidak boleh tenggelam dalam pemikiran-pemikiran
metafisik belaka. Filsafat harus berpijak pada pengalaman, dan menyelidiki
serta mengolah pengalaman tersebut secara kritis. Dengan demikian, filsafat
dapat menyusun suatu sistem nilai atau norma. Dewey juga dianggap oleh aliran
fungsionalisme sebagai seorang pemikir bergaya praktis dan pragmatis, sehingga,
di dalam ilmu pendidikan ia menganjurkan teori dan metode learning by doing.
Teori dan metode learning by doing, Dewey berpendapat bahwa untuk mempelajari
sesuatu, tidak perlu orang terlalu banyak mempelajari itu. Dalam melakukan apa
yang hendak dipelajari itu, dengan sendirinya ia akan menguasai gerakan-gerakan
atau perbuatan-perbuatan yang tepat, sehingga ia bisa menguasai hal yang
dipelajari itu dengan sempurna. Ia mengambil contoh tentang seorang yang akan
belajar berenang. Menurutnya, seorang itu tidak perlu diajari macam-macam teori
tetapi cukup ia langsung disuruh masuk kolam renang dan mulai berenang, dengan
cepat seorang itu akan menguasai kemampuan berenang.
Dalam
bukunya yakni Demokrasi dan Pendidikan, Dewey mensintesis, mengkritik, dan
memperluas dengan filsafat pendidikan demokratis atau proto-demokratis Rousseau dan Plato. Dia melihat Rousseau sebagai over
emphasizing masyarakat di mana individu berada. Dewey membuktikan dalam
bukunya bahwa pengalaman belajar seseorang akan berpengaruh dalam penjelajahan
dan introduksi ide-ide baru yang revolusioner.
Dewey
mengadakan penelitian mengenai pendidikan di sekolah-sekolah dan mencoba
menerapkan teori pendidikannya dalam praktek di sekolah-sekolah. Hasilnya, ia
meninggalkan pola dan proses pendidikan tradisional yang mengandalkan kemampuan
mendengar dan menghafal. Sebagai gantinya, ia menekankan pentingnya kreativitas
dan keterlibatan siswa dalam diskusi dan pemecahan masalah.
Ide
John Dewey mengenai system pendidikan walaupun cukup populer namun tidak pernah
secara luas dipakai dalam praktek pendidikan di Sekolah-sekolah Amerika.
Pendidikan Progresif tidak banyak digunakan selama Perang Dingin, ketika
perhatian dalam pendidikan menciptakan dan mempertahankan ilmu dan teknologi
untuk kepentingan militer. Pasca Perang Dingin, pendidikan progresif muncul kembali
dalam di banyak sekolah dan lingkaran teori pendidikan. Dalam perkembangan
revolusi cara-cara belajar filsafat Dewey mengenai belajar kini telah dipakai
secara luas di seluruh dunia yang mengilhami munculnya pendekatan kontekstual
(CTL ) dalam proses pembelajaran.
Sumber Tulisan :
www.wikipedia.com/john-dewey
biografi-tokoh-ternama
biografiteladan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar