Identitas Buku
Judul : Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis
Pengarang : Prof. Dr. Sutari Imam Bernadib
Penerbit : Ombak
Tahun terbit : 2013
Jumlah Halaman : viii + 136 halaman
ISBN : 978-602-258-035-5
Sinopsis
Buku ini merupakan
salah satu buku pendidikan yang wajib dipelajari oleh semua orang. Penulis
membuat buku ini mempunyai tujuan yaitu sekedar mengatasi kesukaran-kesukaran
mahasiswa tersebut, terutama mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan.
Buku ini berisi tentang
dasar dari ilmu pendidikan itu sendiri. Buku ini mencakup alasan mengapa kita
harus mempelajari ilmu pendidikan, pengertian tentang pendidikan sistematis
dari berbagai macam pendapat tokoh, batas-batas pendidikan, faktor-faktor
pendidikan, tujuan pendidikan, anak didik, fungsi dari alat-alat pendidikan,
hingga pengaruh alam sekitar terhadap anak didik. Dalam buku ini diterangkan
bahwa ilmu pendidikan wajib dipelajari oleh semua orang, karena kelak kita akan
menjadi orang tua atau pendidik yang menghadapi anak. Pendidikan sistematis
dikatakan sebagai uraian tentang pemikiran yang tersusun lengkap mengenai
masalah-masalah pendidikan.
Berbagai faktor
pendidikan yang memengaruhi seseorang antara lain, faktor tujuan, pendidik,
anak didik, alat-alat, dan alam sekitar. Faktor pendidik dengan sadar dan
tanggung jawab mempengaruhi anak didik ke arah kedewasaan. Faktor alam sekitar
sebagai wadah dimana hubungan faktor-faktor lain terjadi. Faktor satu dengan
yang lainnya saling berhubungan dan saling berpengaruh.
Sebagai seorang
pendidik kita mengemban tugas untuk memberikan teladan kepada anak didik
sehingga muncul motivasi dalam diri anak didik untuk berusaha. Anak harus
dididik karena pada hakikatnya anak adalah makhluk susila. Tanpa pendidikan
tidak akan dapat mencapai tingkat kesusilaan. Alat pendidikan dibutuhkan untuk
mendukung proses mendidik. Alat pendidikan tidak terbatas pada benda fisik
saja, akan tetapi dapat berupa nasihat.
Alat pendidikan yang
mempunyai kedudukan istimewa adalah hukuman. Menghukum ialah suatu perbuatan
yang dengan sadar dan sengaja menyebabkan penderitaan pada seseorang. Dalam
pendidikan, anak tidak boleh merasa takut kepada yang memberi hukuman. Hukuman
dapat dipakai apabila tidak ada jalan lain yang dapat ditempuh. Hukuman bukan
satu-satunya alat pendidikan yang dapat mengembalikan anak pada dirinya sendiri
sebagai makhluk susila.
Wadah pendidikan yang
berpengaruh besar adalah Lingkungan atau alam sekitar. Beberapa ahli pendidik
membagi faktor alam sekitar dalam 3 bagian, yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat. Semua aspek saling mendukung dan melengkapi.
Sebagai salah satu dinamo penggerak dunia, pendidikan memiliki peran
yang teramat penting dalam transformasi kehidupan manusia, dan ilmu pendidikan
diperlukan guna mengawasi jalannya pendidikan itu. Sebagai salah satu cabang
dari ilmu pendidikan, maka ilmu
pendidikan sistematis mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pemikiran
secara tersusun dan lengkap tentang masalah pendidikan. Ilmu ini membahas
secara umum, abstrak dan objektif semua masalah pokok dalam pendidikan.
Kelebihan
dan Kekurangan
Buku ini menarik dan mudah
dipahami tentang segala hal yang berkaitan dengan ilmu pendidikan sistematis. Sesuai
dengan judulnya, buku ini membahas tentang dasar-dasar pendidikan saja.
Sehingga untuk memperdalam kajian ilmu yang berkaitan perlu ada buku referensi
lain dan dalam membuat sampul buku tersebut bisa lebih menarik lagi.
Buku ini dapat di pinjam di:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar