Rabu, 29 Agustus 2018

Resensi Buku : Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis






Identitas Buku

Judul                           : Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis
Pengarang                   : Prof. Dr. Sutari Imam Bernadib
Penerbit                       : Ombak
Tahun terbit                 : 2013
Jumlah Halaman          : viii + 136 halaman
ISBN                           : 978-602-258-035-5


Sinopsis

Buku ini merupakan salah satu buku pendidikan yang wajib dipelajari oleh semua orang. Penulis membuat buku ini mempunyai tujuan yaitu sekedar mengatasi kesukaran-kesukaran mahasiswa tersebut, terutama mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan.

Buku ini berisi tentang dasar dari ilmu pendidikan itu sendiri. Buku ini mencakup alasan mengapa kita harus mempelajari ilmu pendidikan, pengertian tentang pendidikan sistematis dari berbagai macam pendapat tokoh, batas-batas pendidikan, faktor-faktor pendidikan, tujuan pendidikan, anak didik, fungsi dari alat-alat pendidikan, hingga pengaruh alam sekitar terhadap anak didik. Dalam buku ini diterangkan bahwa ilmu pendidikan wajib dipelajari oleh semua orang, karena kelak kita akan menjadi orang tua atau pendidik yang menghadapi anak. Pendidikan sistematis dikatakan sebagai uraian tentang pemikiran yang tersusun lengkap mengenai masalah-masalah pendidikan.

Berbagai faktor pendidikan yang memengaruhi seseorang antara lain, faktor tujuan, pendidik, anak didik, alat-alat, dan alam sekitar. Faktor pendidik dengan sadar dan tanggung jawab mempengaruhi anak didik ke arah kedewasaan. Faktor alam sekitar sebagai wadah dimana hubungan faktor-faktor lain terjadi. Faktor satu dengan yang lainnya saling berhubungan dan saling berpengaruh. 

Sebagai seorang pendidik kita mengemban tugas untuk memberikan teladan kepada anak didik sehingga muncul motivasi dalam diri anak didik untuk berusaha. Anak harus dididik karena pada hakikatnya anak adalah makhluk susila. Tanpa pendidikan tidak akan dapat mencapai tingkat kesusilaan. Alat pendidikan dibutuhkan untuk mendukung proses mendidik. Alat pendidikan tidak terbatas pada benda fisik saja, akan tetapi dapat berupa nasihat.

Alat pendidikan yang mempunyai kedudukan istimewa adalah hukuman. Menghukum ialah suatu perbuatan yang dengan sadar dan sengaja menyebabkan penderitaan pada seseorang. Dalam pendidikan, anak tidak boleh merasa takut kepada yang memberi hukuman. Hukuman dapat dipakai apabila tidak ada jalan lain yang dapat ditempuh. Hukuman bukan satu-satunya alat pendidikan yang dapat mengembalikan anak pada dirinya sendiri sebagai makhluk susila.

Wadah pendidikan yang berpengaruh besar adalah Lingkungan atau alam sekitar. Beberapa ahli pendidik membagi faktor alam sekitar dalam 3 bagian, yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Semua aspek saling mendukung dan melengkapi.

Sebagai salah satu dinamo penggerak dunia, pendidikan memiliki peran yang teramat penting dalam transformasi kehidupan manusia, dan ilmu pendidikan diperlukan guna mengawasi jalannya pendidikan itu. Sebagai salah satu cabang dari ilmu pendidikan, maka ilmu pendidikan sistematis mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pemikiran secara tersusun dan lengkap tentang masalah pendidikan. Ilmu ini membahas secara umum, abstrak dan objektif semua masalah pokok dalam pendidikan.


Kelebihan dan Kekurangan

Buku ini menarik dan mudah dipahami tentang segala hal yang berkaitan dengan ilmu pendidikan sistematis. Sesuai dengan judulnya, buku ini membahas tentang dasar-dasar pendidikan saja. Sehingga untuk memperdalam kajian ilmu yang berkaitan perlu ada buku referensi lain dan dalam membuat sampul buku tersebut bisa lebih menarik lagi.



Buku ini dapat di pinjam di:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar